Sabtu, 26 November 2016

Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar

Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar

Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar - Saat umur semakin bertambah, anda bakal mulai mengalami penurunan indera pendengaran sedikit demi sedikit. Keadaan tersebut disebut sebagai presbikusis, suatu gangguan pendengaran yg berkaitan dengan usia.

Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar

Dengan cara disadari atau tak, kita dengan cara perlahan bakal mulai menaikan volume di televisi atau radio. Sebelum perkara itu terjadi, alangkah baiknya bila kita selalu merawat kesehatan pendengaran kita dengan tak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yg bisa mengurangi pungsi pendengaran Anda. 

Selain itu, mengonsumsi makanan yg memiliki kandungan zat giji penting buat kesehatan indera pendengaran pun perlu kita lakukan. Zat giji apa yg dimaksud? Berikut 8 zat giji penting yg berkhasiat merawat kesehatan indera pendengaran / telinga.


8 Zat giji buat Merawat Kesehatan Telinga / Indera Pendengaran

1. Kalium
Kalium merupakan mineral yg membantu merawat kadar cairan dalam darah & jaringan. Oleh sebab itu, kalium sungguh penting buat memastikan kemampuan pendengaran kita bekerja dengan baik dengan memenuhi pasokan cairan di telinga bagian dalam.

Sumber: Kentang, jeruk, tomat, kismis, aprikot, pisang, bayam, melon, yogurt & susu rendah lemak.

2. Polat
Polat atau asam polat dibutuhkan buat menghasilkan sel-sel baru dan menaikan sirkulasi dalam tubuh Anda. Sirkulasi yg baik memastikan bahwa rambut-rambut kecil di bagian dalam telinga kita terzat giji dengan baik.

Sumber: Sereal, bayam, asparagus, hati, kacang hijau, alpukat, brokoli, selada, kacang, telur utuh, stroberi, pepaya, juice tomat,pisang, & melon.

3. Magnesium
Magnesium bekerja bersama-sama dengan Vit. C, A, & E buat melindungi telinga kita dari radikal bebas yg diakibatkan oleh suara keras sehingga membantu mencegah gangguan pendengaran. Penelitian sudah mengungkapkan bahwa rendahnya taraf magnesium mengakibatkan pembuluh darah di telinga menyusut dan minimnya suplai oksigen.

Sumber: Pisang, kentang, bayam & brokoli.

4. Jinc
Jinc

merupakan mineral yg berpungsi buat menaikan system kekebalan tubuh Anda. Salah satunya dengan membantu mencegah peradangan di telinga. Di samping itu, jinc pun berperan dalam pertumbuhan sel, mengobati luka & juga bisa  mengatasi tinnitus, suatu keadaan dimana kita mengalami suara dering yg konstan di telinga Anda.

Sumber: kacang mete, kacang tanah, almond, kacang, kacang polong, lentil, tiram, dark chocolate, daging sapi, & ayam.

5. Mangan
Mineral tersebut berkhasiat dalam menaikan pendengaran kita dengan memastikan hubungan antara otak & sarap berpungsi dengan baik. Selain itu, mangan berguna buat menaikan pertumbuhan jaringan & tulang. Rendahnya taraf mangan dalam tubuh kerap mengakibatkan tinnitus.

Sumber: Apel, aprikot, kacang-kacangan, alpukat, nanas, kismis, kuning telur, kacang-kacangan, seledri, & kacang pinus.

6. Vit. D
Seperti yg anda ketahui, Vit. D dibutuhkan buat penyerapan kalsium dalam tulang. perkara tersebut tentu mempengaruhi telinga Anda. Kekurangan Vit. D bisa mengakibatkan osteopenia yaitu suatu kondisi di mana tulang-tulang di telinga mengeras & berpori. Alhasil, kita juga bisa kehilangan pendengaran.

Sumber: Sinar matahari, salmon, minyak ikan, minyak ikan cod, makarel, hati, ikan tuna, & kuning telur.

7. Vit. B12
Vit. B12 berguna buat menaikan pendengaran kita dengan mengendalikan produksi sel darah merah, mengurangi produksi homosistein yg mengakibatkan gangguan pendengaran, dan mencegah timbulnya tinnitus.

Sumber: Produk olahan susu, telur, daging sapi tanpa lemak & kerang.

8. Asam lemak Omega 3
Omega 3 mencegah ketulian atau hilangnya pendengaran sebab zat giji tersebut berperan buat mensinkronisasi komunikasi antara otak dengan telinga. Di samping itu, omega 3 berkhasiat buat mencegah infeksi & memastikan pesan yg dikirim otak menuju telinga atau sebaliknya berjalan dengan cara epektip.

Sumber: Ikan, kenari, biji rami, udang, kedelai, daging sapi, tahu & bunga kol.



Nah, sekian ulasan mengenai 8 zat giji penting buat kesehatan telinga / indera pendengaran Anda. Pastikan buat menyabilan menu makanan keluarga kita dengan bahan dari sumber zat giji di atas.
Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar
Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar Cara Merawat Kesehatan Pendengaran dengan Benar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar